Sabtu, 23 Januari 2010

2010: Bangkitnya komik Indonesia

Di penghujung tahun 2009, saya mendapat banyak sekali pesan di inbox facebook saya. Itu semua rata- rata berasal dari grup komik Indonesia. Disitu, banyak sekali pemberitahuan tentang komik- komik olahan anak negeri sendiri yang akan beredar di bulan Januari 2010. belum lagi beberapa pameran komik yang akan diadakan sepanjang bulan Januari- Februari 2010.
Berikut ini jadwal pameran komik bulan Januari- Februari 2010 yang saya dapatkan dari grup Indonesian Comic News tersebut:

1. Belleza Comics Day
Bertempat di Belleza Shoping Arcade, Jakarta Barat, tanggal 14-31 Januari 2010. Berisi pameran, bazar, sarasehan dan workshop.
2. Launching Komik Berbagi Hidup ( kisah nyata anak- anak penderita HIV)
Bertempat di kantor Komisi Penanggulangan AIDS Nasional Jakarta, tanggal 19 Januari 2010. Dengan hanya membayar Rp. 25.000,00 untuk komik tersebut, kita sudah membantu membiayai pemeliharaan kesehatan dan pendidikan anak-anak penderita HIV tersebut.
3. Pameran Cergam ‘ Komik Indonesia Bangkit II’
Bertempat di Museum Bank Mandiri Jakarta Barat, tanggal 26-31 Januari 2010. Dalam pameran ini selain diadakan bursa komik, juga ada beberapa pemutaran film yang diangkat dari cerita bergambar ( komik) Indonesia. Seperti Pahlawan Goa Selarong, Bangkitnya Mata Malaikat, Kambing Jantan, Si Jampang, Gundala Putra Petir. Acara ini diselenggarakan oleh Pengki ( Pengumpul Komik Indonesia) dan KPKI ( Komunitas Penerbit Komik Indonesia)
4. Pameran Komik ( Perancis – Indonesia)
Bertempat di CCF Jakarta Pusat, tanggal 9-12 Februari 2010. Pameran ini diadakan berkat kerjasama Freat Clement Baloup ( Perancis) dan Splash ( Indonesia).
5. Launching Majalah Kumpulan Cergam “ Kampungan” ( Edisi Pertama ROMANSA 14 Pebruari 2010)
Bertempat di Galeri nasional, Gambir Jakarta Pusat, tanggal 14 Februari 2010. dalam launching ini diadakan Workshop, pemutaran film dan sarasehan.
6. Launching komik “ Contract With GOD.”
Diskusi seputar komik Contact With GOD bertempat di Bentara Budaya tanggal 16 Februari 2010.
7. Cergambore 18-22 Februari 2010
Bertempat di Surabaya. Cergambore bertujuan untuk memperkenalkan keragaman dan variasi komik serta memperkaya wawasan, memberikan referensi komik dari luar negeri ( khususnya komik dari Perancis) dan komik lokal. Untuk info lebih lanjut dapat dilihat di situs : http://www.ccclsurabaya.com/
8. Festival Komik Indonesia 2010
Bertempat di Pasar Festival Kuningan Jakarta tanggal 22-28 Februari 2010.

Adanya beberapa pameran dan launching cergam Indonesia merupakan tanda dari bangkitnya cergam Indonesia di awal tahun 2010 ini. Selain adanya pameran dan launching, geliat komik Indonesia terlihat dengan terbitnya beberapa komik yang hadir dalam Launching komik yang diselenggarakan antara bulan Januari- Februari 2010. Mudah- mudahan di tahun yang baru, komik Indonesia pun bisa memberikan yang terbaru dari setiap karya- karya yang dihasilkan. Semoga saja tahun ini bisa menjadi tahun keemasan bagi komik Indonesia. Bravo…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar